SEBAB PERSIB BANDUNG, BALI UNITED & PS TNI TAK IKUT ANCAM PT LIGA INDONESIA BARU

0
11

2

TaktikBola – 15 klub kontestan Liga 1 2017 meminta kepada PT Liga Indonesia Baru untuk bisa memenuhi tiga aspek kompetisi terkait bisnis, legal dan teknis. 15 klub itu tergabung dalam Forum Klub Sepakbola Profesional Indonesia.

Mereka pun berani untuk mengancam mogok ikut kompetisi jika dalam 14 hari ke depan tidak ada surat perjanjian dari LIB yang intinya menjadi dasar hukum dalam mengikuti kompetisi kasta teratas Tanah Air.

Dari 18 kontestan Liga 1, hanya Persib Bandung, Bali United dan PS TNI yang tak tergabung dalam forum tersebut. Sebelum menggelar jumpa pers di Jakarta, Rabu (4/10), forum ini sudah lama berkomunikasi terkait kompetisi.

Lantas, apa sebab Persib, Bali United dan PS TNI tak masuk dalam forum tersebut? Bento Madubun dari Persipura Jayapura menjelaskan, bahwa tak ada hal-hal tertentu yang membatasi ketiga klub tersebut untuk ikut serta.

Anggota forum ini sendiri merasa kurangnya transparansi dari LIB terkait tiga aspek di atas. “Kalau mereka mendengar soal ini dan merasakan yang sama maka silakan bergabung. Siapa saja yang statusnya klub profesional silakan bergabung,” kata Bento.

“Siapa pun klub profesional, di forum kami tidak ada klub Liga 1 atau pun Liga 2. Kami membuka untuk semua, tidak ada inspiratornya. Kami menyatukan visi kita untuk menyikapi,” timpal Gede Widiade, yang juga direktur utama Persija Jakarta.

Adapun, yang dikeluhkan klub dari forum ini antara lain transparansi jumlah sponsor, ketentuan pembagian dari keuntungan hak siar, pemilihan jadwal pertandingan hingga keputusan sepihak untuk penggunaan wasit asing.

Dalam waktu dekat LIB diharapkan dapat bertemu dengan para klub, dan Gede menegaskan bahwa inisiatif ini diketahui PSSI. “Pada saat kami undang LIB ada tembusan juga ke PSSI, artinya PSSI tahu apa yang kami lakukan apa yang kami inginkan.”

“Kami ingin perjanjian hukum yang jelas sehingga kami bisa sama-sama me-review.”