Pakai Ban Lengan Warna Pelangi, Kashia di Demo Ratusan Warga Georgia

0
29

TaktikBola – Sebanyak 8 orang ditangkap dalam sebuah demonstrasi di Georgia mengenai hak seorang pemain sepak bola yang di keluarkan dari tim nasional karena pemain tersebut mendukung hak untuk para kaum gay.

Kelompok nasionalis dari Georgia menginginkan bahwa bek dari Vitesse Arnhem, Guram Kashia dihukum karena telah menggenakan ban lenngan berwarna pelangi yang menandakan kelompok gay saat menjadi captain klub asal Belanda tersebut.

Puluhan demonstran berkumpul di luar markas Federasi Sepak Bola Georgia pada hari Selasa kemarin, serta meneriakkan slogan anti-gay sambil melepaskan bom asap. Bahkan, mereka juga membakar bendera pelangi.

Pihak kepolisian Georgia mengkonfirmasikan bahwa setidaknya ada 8 demonstran yang telah di tahan karena menolak kedatangan polisi dan hooliganisme kecil dan mereka akan di adili di pengadilan pada hari Rabu.

Masih belum diketahui seberapa banyak dari mereka yang tertangkap, sebuah kelompok hal anti-imigran dan anti-gay yang mengklaim akan terus melindungi “kemurnian” masyarakat di negara tersebut.

Para anggotanya juga akan meminta seluruh pihak pemimpin Federasi Sepakbola untuk mengundurkan diri karena dinilai telah mendukung Kashia. Sebelumnya, Kashia sempat mengatakan bahwa dirinya bangga dapat mendukung persamaan hak dan dia tidak pernah berniat untuk berhenti bermain untuk Georgia.

Banyak dari pengguna internet di Georgia yang mengubah foto profil mereka di jejaring sosial untuk mendukung keputusan Kashia, bahkan Kashia mendapat dukungan dari Presiden Georgia.

“Setiap orang memiliki hak untuk kebebasan berekspresi. Kita harus menghormati hak asasi manusia dan kebebasan mereka. Saya berdiri disini dengan dukungan penuh yang telah ditunjukkan masyarakat olahraga terhadap Guram Kashia,” ungkap Presiden Georgia, Giorgi Margvelashvili.