BolaCorner – Sukses Eko Yuli, Bukti Konsistensi Angkat Besi Indonesia

0
60

BolaCorner – Eko Yuli Irawan baru saja menyumbangkan medali perak buat Indonesia dari Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Pencapaian yang diukir Eko Yuli menjadi bukti kuat konsistensi angkat besi Indonesia dalam setiap ajang multicabang.

Angkat besi menjadi salah satu cabang yang rajin menyumbang medali bagi Indonesia di Olimpiade. Sejauh ini, atlet angkat besi Indonesia sudah menyumbangkan 10 medali, yakni lima perak dan lima perunggu.

Pertama kali Indonesia mengirim lifter di ajang Olimpiade dimulai pada 1952. Saat itu, lifter Thio Ging Hwie hanya menempati peringkat delapan. Catatan impresif angkat besi Indonesia baru dimulai sejak Olimpiade 2000 Sydney.

Adalah Lisa Rumbewas yang membuka keran medali angkat besi Indonesia setelah merebut perak di kelas 48 kg putri. Lalu, Sri Indriyani dan Winarni juga sukses menyumbang perunggu di kelas 48 kg dan 53 kg putri.

Tak puas, Lisa Rumbewas kembali mengulang prestasinya pada Olimpiade 2004 dengan menyumbang perak di kelas 53 kg. Tradisi medali dilanjutkan empat tahun kemudian oleh Triyatno dan Eko Yuli di Olimpiade 2012 London. Triyatno menyumbang perak dan Eko Yuli meraih perunggu.