BolaCorner – 5 Transfer Paling Menguntungkan Klub Penjual

0
69

BolaCorner – Bursa transfer pemain musim panas ini semakin memanas. Seluruh klub bekerja keras agar transfer pemain buruannya segera rampung.

Peran manajer dan pemandu bakat sangat penting dalam bursa transfer. Salah merekrut pemain bisa menjadi bumerang untuk klub itu sendiri.

Namun tak sedikit pula klub yang meraih untung besar saat membeli pemain. Mereka mengembangkan pemain tersebut dan menjualnya lagi ketika sedang dalam masa emas.

Lalu siapa saja pemain yang menghasilkan untung besar bagi klub selama ini?

AC Milan membeli Kaka dengan harga 7,1 juta pounds (Rp 102 miliar) dari Sao Paulo pada tahun 2001. Saat itu pemilik Milan, Silvio Berlusconi mengatakan transfer Kaka seharga kacang.

1. Kaka

Terbukti Kaka menjadi salah satu pembelian terbaik Milan. Ia berkembang menjadi pemain bintang selama enam musim di sana.

Kaka sukses menyumbang lima gelar selama di sana, termasuk Liga Champions musim 2006/07. Ia juga mengkilap bersama timnas Brasil dengan menjadi juara Piala Dunia tahun 2002.

Akhirnya Milan menjual Kaka tahun 2009 ke Real Madrid dengan harga 56 juta pounds. Artinya Milan untung 48,9 juta pounds.

2. Luis Figo

Menjual pemain ke rival terberat bukan hal umum bagi Barcelona belakangan ini. Namun hal itu tidak berlaku bagi Blaugrana saat menjual Luis Figo ke Real Madrid tahun 2000.

Barcelona membeli Figo dari Sporting Lisbon dengan harga yang murah yakni 2,25 juta pounds. Faktanya, Figo menjelma menjadi salah satu pemain terbaik dunia di Camp Nou.

Ia sukses menyumbang tujuh gelar bagi Barca. Ia juga menyumbang 45 gol dari 245 laga.

Tetapi Barca tak kuasa melepasnya ke Madrid yang sedang gencar membangun Los Galacticos di awal tahun 2000-an. Mereka melepasnya dengan harga 37 juta pounds atau memberikan keuntungan 34,75 juta pounds saat itu.

3. Zinedine Zidane

Juventus membeli Zidane dengan harga 2,9 juta pounds dari Bordeaux tahun 1996. Meski murah, namun kinerja Zidane sangat istimewa bersama Si Nyonya Tua.

Ia sukses menyumbang 31 gol dari 209 penampilan. Pemain timnas Prancis tersebut juga membantu Juve meraih enam gelar.

Zidane juga menjadi pemain kunci saat Prancis juara Piala Dunia tahun 1998 dan Piala Eropa tahun 2000. Tak heran Real Madrid memburunya pada tahun 2001.

Akhirnya Juve menjual Zidane ke Madrid dengan harga 63 juta pounds. Sekaligus membuat mereka untung 60,1 juta pounds.

4. Cristiano Ronaldo

MU membeli Ronaldo dari Sporting Lisbon dengan harga 12,2 juta pounds tahun 2003. Ia menjadi pemain Portugal pertama yang pernah dimiliki MU.

Ronaldo langsung mendapat kostum nomor 7 dari Alex Ferguson. Ia meneruskan nomor keramat di Old Trafford yang sebelumnya dipakai David Beckham.

Pilihan Ferguson tidak sia-sia karena Ronaldo mampu menyumbang 118 gol dari 292 penampilan. Ia juga membantu MU meraih sembilan gelar.

Sayangnya, MU harus menjualnya pada tahun 2009 karena tawaran Madrid yang menggiurkan yakni mencapai 80 juta pounds. MU pun untung  67,8 juta pounds.

5. Gareth Bale

Tottenham Hotspur membeli Bale dengan harga sangat murah yakni tujuh juta pounds pada tahun 2007. Harganya pun didiskon karena awalnya Southampton meminta 10 juta pounds pada Spurs.

Bale akhirnya berkembang menjadi pemain andalan di White Hart Lane. Selama enam musim ia sukses mencetak 55 gol dari 203 penampilan.

Spurs menjual Bale ke Madrid pada tahun 2013 dengan harga 85,3 juta pounds. Sekaligus menjadikannya pemain termahal dunia hingga sekarang.

Artinya Spurs untung 78,3 juta pounds dari penjualan tersebut.